Pancasila Mengalami Pergeseran Nilai

http://budisusilosoepandji.files.wordpress.com/2012/03/pancasila.jpg?w=150&h=184Oleh: TERASPOLITIK.COM

Gubernur Lemhannas, Budi Susilo Soepandji menyatakan bahwa nilai-nilai pancasila banyak mengalami pergeseran di masyarakat pada era modernisasi seperti saat ini.

“Dilaporkan tadi terdapat pergeseran. Misalnya, yang dulu semangat gotong royongnya lengkap sekali. Sekarang ada jurang antara kaya dan miskin yang perlu direvitalisasi” kata Budi Susilo Soepandji, Gubernur Lemhannas usai dialog kebangsaan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat serta LSM di Hotel Tretes Raya Sabtu (11/2/2012).

Budi menambahkan, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, berbhineka tunggal ika, semuanya kesepakatan para pendiri bangsa, dinilai perlu untuk menghidupkan kembali nilai-nila pancasila supaya kerukunan umat, kerukunan bangsa Indonesia ini dapat terwujud. Selain itu, diharapkan agar jiwa pancasila tidak mudah luntur di hati rakyat.

“Di Indonesia saat ini juga mulai dikembangkan bagaimana nilai-nila pancasila, dihidupkan kembali di daerah-daerah pemukiman, bagaimana nilai-nilai pancasila dihidupkan di lingkungan kerja. Lemhannas melihat bahwa kekuatan Indonesia ini ada soft power, membangun jiwanya dan hard power masalah hukum” imbuhnya.

Dia melanjutkan gagasan Lemhannas antara lain adalah perlu adanya lagi dialog yang lebih dalam ke level kebijakan antara kementrian pendidikan, kementrian agama, kementrian tenaga kerja, kementrian dalam negeri dalam mengelolah pendidikan dalam arti yang luas lagi.(bj/e3)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s